Rabu, 18 Juni 2014

Hello Blogger, malam ini saya akan ngeposting resume statistika non parametrik, sebenarnya ini tugas kmaren sih, tapi gapapa dong saya berbagi heheheh :D

Tes Chi Kuadrat untuk k sampel Independen 
Tes Chi Kuadrat untuk k sampel Independen adalah perluasan langsung dari tes X2 untuk dua sampel independen.Dipakai untuk menentukan signifikansi perbedaan-perbedaan antara k kelompok-independen, jika frekuensi dalam kategori-kategori yang diskrit baik nominal atau ordinal. Rumus yang digunakan: x^2=∑_(j=1)^r▒∑_(j=1)^k▒((Oij-Eij)^2)/Eij
Contoh Soal Dalam stratifikasi sosial suatu masyarakat terbagi menjadi lima kelas yaitu : I, II, III, IV, dan V. penelitian berpusat pada korelasi-korelasi stratifikasi di antara kaum muda pada masyarakat tersebut. Ramalan : para remaja dalam kelas-kelas sosial yang berlainan akan mencatatkan diri mengikuti kurikulum-kurikulum yang berbeda (persiapan perguruan Tinggi, Umum, perdagangan) disekolah menengah atas. Keanggotaan kelas sosial terhadap 390 siswa. Frekuensi pendaftaran pemuda–pemuda dari lima kelas sosial pada tiga kemungkinan kurikulum sekolah menengah atas: Kurikulum Kelas sosial Total I dan II III IV V Persiapan 7.3 23 30.3 40 38 16 5.4 2 81 Umum 18.6 11 77.5 75 97.1 107 13.8 14 207 Perdagangan 19.1 1 38.2 31 47.9 60 6.8 10 102 Total 35 146 183 26 390 Rumusan Masalah Apakah pendaftaran kurikulum para siswa independen terhadap keanggotaan kelas sosial diantara kaum muda? Hipotesis Ho: Pendaftaran kurikulum para siswa tidak independen terhadap keanggotaan kelas sosial diantara kaum muda . Ha: Pendaftaran kurikulum para siswa independen terhadap keanggotaan kelas sosial diantara kaum muda. Tes Statistik Tes statistik yang digunakan adalah Tes Chi Kuadrat k sampel Independen. Tingkat Signifikansi Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 0.001. x^2=∑_(j=1)^r▒∑_(j=1)^k▒((Oij-Eij)^2)/Eij x^2=((23-7.3)^2)/7.3+((40-30.3)^2)/30.3+((16-38.0)^2)/38.0+((2-5.4)^2)/5.4+((11-18.6)^2)/18.6+((75-77.5)^2)/77.5+((107-97.6)^2)/97.1+((14-13.8)^2)/13.8+((1-9.1)^2)/9.1+((31.0-38.2)^2)/38.2+((60-47.9)^2)/47.9+((10.6-6.8)^2)/6.8 =33.8+3.1+12.7+2.1+3.1+0.08+1.0+0.003+7.3+1.4+3.1+1.5 =69.2 Daerah penolakan Apabila Phitung > α, Ho ditolak dan sebaliknya apabila Phitung < αl Ho Diterima. Kesimpulan Phitung = 69.2 Phitung > α, maka Ho ditolak. Jadi, Pendaftaran kurikulum para siswa tidak independen terhadap keanggotaan kelas sosial diantara kaum muda . Total 81 207 102 390

Tidak ada komentar:

Posting Komentar